Masa Depan Internet of Things
Main

5G untuk Masa Depan Internet of Things

5G untuk Masa Depan Internet of Things – Ternyata masa depan Internet of Things ada di 5G! Salah satu tren teknologi mendatang yang paling diharapkan dan paling ditunggu untuk tahun 2019 adalah teknologi jaringan nirkabel Generasi Kelima (5G). Diharapkan menjadi katalisator untuk inovasi di berbagai industri karena semua orang berjuang untuk beradaptasi dengan peningkatan.

Baca Juga: Perbedaan dari Jaringan Internet 4G dan 5G

Menurut informasi terbaru , 92% eksekutif dari 100 operator telekomunikasi besar, secara global, setuju bahwa 5G akan membuka jalan bagi teknologi baru yang muncul. Jaringan 5G secara khusus akan membantu membangun Internet of Things sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia kita.

Dengan meletakkan dasar untuk melepaskan potensi penuhnya. Gartner berspekulasi 20,4 miliar perangkat yang terhubung di dunia pada tahun 2020, jumlah yang akan terus meningkat. Infrastruktur nirkabel saat ini tidak memiliki kapasitas untuk mengakomodasi begitu banyak perangkat.

Baca Juga: Akses dan Pendidikan Internet yang Perlu Diketahui

5G menjanjikan ekosistem yang lebih ramah IoT, dengan peningkatan besar-besaran atas kemampuan 4G saat ini. Tidak hanya akan memungkinkan kecepatan data yang sangat cepat, seperti membuat 4G menjadi lamban, 5G juga berarti latensi hanya 1 milidetik.

Artinya, orang dapat mengunduh film HD dalam hitungan detik. Dibandingkan dengan 4G LTE, itu akan dapat merangkul hingga 100 kali lebih banyak perangkat yang terhubung per unit area. Jadi bagaimana ini membantu memperluas platform IoT?

Baca Juga: Peran Pemasaran Internet dalam Pemasaran Modern

Gagasan di balik IoT adalah memiliki beberapa perangkat yang terhubung mengumpulkan data secara real time selama periode tertentu. Namun, pertukaran data yang terus menerus membuat jaringan dan masa pakai baterai perangkat menjadi tegang.

Kemudian menata kembali layanan dan produk untuk meningkatkan kemampuan unggul 5G. Inilah beberapa industri di mana 5G dan IOT bersama-sama dapat menyebabkan gangguan:

Baca Juga: Tip dan Trik Menggunakan Data Internet

Bagaimana 5G untuk Masa Depan Internet of Things?

Mobil self-driving: Sensor pada mobil self-driving menghasilkan sejumlah besar data, mengukur suhu, kondisi lalu lintas, cuaca, lokasi GPS dll. Memproduksi dan mengasimilasi jumlah data seperti itu memakan banyak energi. Mobil-mobil semacam itu juga sangat bergantung pada transmisi informasi waktu nyata.

Baca Juga: Seperti Apa Jadinya Dunia Tanpa Internet

Karena ini akan memberikan layanan yang optimal. Namun, dengan konektivitas berkecepatan tinggi dan latensi rendah, mobil pintar ini akan mungkin untuk terus mengumpulkan semua jenis data, termasuk data penting waktu, di mana algoritma dapat bekerja untuk secara otonom melacak kondisi kerja mobil.

Kesehatan: Bidang medis juga akan melihat peningkatan dalam layanan mereka karena semua jenis perangkat medis menjadi diaktifkan IoT. Daerah pedesaan dan lokasi terpencil serupa lainnya tanpa fasilitas kesehatan yang layak akan sangat diuntungkan oleh konektivitas IoT.

Baca Juga: Cara Hacker Bajak AkunĀ  Facebook dan Cara Melindungi Diri dari Mereka

Logistik: Konektivitas 5G akan memungkinkan sensor pelacakan IoT canggih yang dapat mengubah operasi logistik dari ujung ke ujung. Tidak hanya kecepatan tinggi dan latensi rendah memungkinkan pengumpulan data secara real time, tetapi efektivitas energi juga memungkinkan mereka mengumpulkan data yang lebih bervariasi.

Baca Juga: Cara Jual Followers Instagram untuk Pemula

Kota pintar: 5G akan memungkinkan aplikasi yang lebih luas dalam inisiatif kota pintar dari pengelolaan air dan limbah, pemantauan lalu lintas hingga fasilitas kesehatan yang ditingkatkan. Kota Cerdas akan menikmati manfaat dari jaringan generasi baru karena semakin banyak sensor memasuki infrastruktur kota.

Baca Juga: Software Internet Security Gratis Terbaik

Ritel : IoT untuk Ritel akan melihat dampak positif dari kedatangan 5G saat mereka berupaya membentuk keterlibatan dan pengalaman pelanggan melalui ponsel. Itulah ulasan tentang 5G untuk masa depan Internet of Things. Semoga bermnfaat bagi Anda.

Back To Top